Danau Linting, Pesona Asal-Usulnya Masih Misteri

Hunting Foto Instagenic

Danau Linting merupakan wisata Deli Serdang, Sumatera Utara, yang memiliki keunikan. Yakni satu-satunya danau yang memiliki kandungan air panas, warna air yang berubah-ubah, serta pesona alam sekitar yang memanjakan mata.

Tidak seperti kebanyakan objek wisata danau lainnya, ternyata sejarah, atau penyebab awal dari Danau Linting hingga saat ini masih menjadi misteri bagi para peneliti. Bahkan kedalaman Danau Linting pun hingga kini belum terpecahkan.

Danau Linting bisa menjadi tujuan wisata akhir pekan yang recommended untuk dikunjungi. Suasana yang nyaman, tenang, berpadu dengan orkestrasi alam sekitar yang menawan.

Hunting Foto Instagenic
Hunting Foto Instagenic. google maps. sumber: Dina Raniati

Dan inilah informasi Danau Linting yang sudah kami siapkan untuk anda, sebagai referensi awal menentukan tempat wisata di Deli Serdang saat liburan tiba.

Alamat Danau Linting

Lokasi Danau Linting terletak di 3 desa yang ada di Kecamatan Sinembah Tanjung Muda. Di antaranya:

  • Desa Sibunga-bunga,
  • Desa Durian IV Mbelang,
  • Desa Gunung Manumpak.

Adapun alamat Danau Linting berada di Kecamatan Sinembah Tanjung Muda (STM), Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara.

Jalan ke Danau Linting bisa dilalui oleh kendaraan pribadi, maupun transportasi umum. Hanya saja, untuk kendaraan umum harus beberapa kali naik turun.

Baik kendaraan pribadi, apalagi transportasi umum tidak bisa sampai langsung di dekat Danau Linting. Harus dilanjutkan dengan berjalan kaki, tetapi tidak jauh.

Adapun jarak Medan ke Danau Linting sekitar 70 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 1,5 hingga 2 jam perjalanan.

Kuliner Sambil Menikmati Indahnya Danau
Kuliner Sambil Menikmati Indahnya Danau. google maps. sumber: Juni Muchlis Mustafa

Tiket Masuk Danau Linting

  • Tiket masuk Danau Linting sebesar Rp. 15.000,- per motor

Jam Buka Danau Linting

  • Danau Linting buka setiap hari,
  • Danau Linting buka dari pukul 08.00 – 17.00.

Fasilitas Di Danau Linting

Fasilitas wisata di Danau Linting adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Penyewaan tikar,
  • Gazebo, atau saung,
  • Warung makanan,
  • Spot foto,
  • Toilet,
  • Papan penunjuk arah.

Misteri Danau Linting

Jangan heran jika kebanyakan objek wisata yang ada di Indonesia, pesona keindahannya selalu berpadu dengan cerita mistis, atau misteri, legenda, hingga sejarah.

Harus dipahami juga bahwa cerita mistis, ataupun hal tadi yang disebut, ternyata mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung untuk datang, terutama untuk meluapkan rasa penasaran.

Begitupun dengan Danau Linting. Cerita mistis Danau Linting terkait dengan keberadaan makhluk tak kasat mata yang konon ada di kawasan objek wisata Danau Linting, yang menyebabkan beberapa pengunjung hilang saat berenang, dan baru ketemu beberapa hari selanjutnya.

Namun, jika kita melihat kepada sisi ilmiah kenapa mayat menjadi terapung di air itu setelah beberapa hari tenggelam, hal itu disebabkan oleh prinsip udara.

Dari beberapa sumber yang kami himpun, proses pembusukkan kuman, atau bateri dalam tubuh dapat menghasilkan banyaknya udara.

Air Yang Bening
Air Yang Bening. google maps. sumber: Uli Marbun

Sehingga, tubuh yang semula berada di dalam air lambat laun naik ke permuaan air. Penjelasan ilmiah tersebut bukan dalam kerangka menegasikan nilai yang selama ini berkembang, penjelasan tersebut hanya menjadi perspetif lain dari sebuah cerita.

Daya Tarik Danau Linting

1. Danau Menawan

Daya tarik yang pertama tentu saja pesona keindahan Danau Linting. Sebuah danau yang memiliki air yang hangat, yang bersumber dari mata air yang ada di tengahnya.

Uniknya, meskipun airnya hangat, namun Danau Linting tidak mengeluarkan bau belerang. Hanya saja, asal usul, atau sejarah terbentuknya Danau Linting hingga saat ini belum diketahui pasti penyebab utamanya.

Danau Linting memiliki luas kawasan sekitar 1 hektar. Adapun kedalaman Danau Linting hingga saat ini belum diketahui pasti berapa-berapanya.

Dengan demikian, sekaligus sebagai sebuah catatan penting bagi pengunjung yang akan melakukan perjalanan ke Danau Linting, supaya tidak berenang ke tengah.

Danau Air Hangat Satu-Satunya Di Indonesia
Danau Air Hangat Satu-Satunya Di Indonesia. google maps. sumber: Alwan Afrianda Winata

Apalagi yang tidak bisa berenang jangan sampai nekad, atau tergoda masuk ke dalam air Danau Linting. Karena di Danau Linting pernah terjadi beberapa kali korban yang meninggal karena tenggelam.

Pada dasarnya, dimanapun lokasi wisatanya, aspek keselamatan menjadi hal yang harus diprioritaskan. Jangan sampai hanya demi kebutuhan konten, atau sensasi, rela mengabaikan sisi keselamatan.

2. Pesona Alam Sekitar

Daya tarik yang selanjutnya dari Danau Linting adalah pesona alam sekitarnya yang sangat nyaman, tenang, dan menjadi tempat yang cocok untuk menyepi dari hiruk pikuk pekerjaan, dan kehidupan kota besar.

Pesona keindahan alam di sekitar Danau Linting yang paling menggoda adalah warna dari Danau Linting itu sendiri. Warna airnya berubah-rubah. Kadang biru, terkadang juga hijau toska, maupun gradasi dari kedua warna tersebut.

Pepohonan yang mengelilingi Danau Linting memberikan nuansa teduh dan asri. Ditambah lagi dengan beberapa fasilitas seperti ayunan di atas danau, gazebo, serta penyewaan tikar, semakin membuat suasan wisata menjadi menyenangkan.

Ayunan Di Samping Danau
Ayunan Di Samping Danau. google maps. sumber: Mianda Pratiwi

Namun sekali lagi, terutama untuk fasilitas ayunan di atas danau, para pengunjung juga harus selalu mengutamakan keselamatan ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *