Telaga Warna Dieng, Eksplor Keindahan Danau Dieng Plateau

kondisi danau ketika musim kemarau

Telaga Warna Dieng merupakan salah satu tempat wisata eksotis yang ada di Dataran Tinggi Dieng atau Dieng Plateau. Seperti kita ketahui bersama, Dataran Tinggi Dieng memiliki banyak potensi alam yang layak untuk dikunjungi, sebut saja:

  • Sumur Jalatundo,
  • Kawah Candradimuka,
  • Museum Kailasa,
  • Kompleks Candi Arjuna, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Telaga Warna Dieng terkenal akan warna telaga atau danaunya yang unik, konon katanya danaunya bisa berubah warna. Di area Telaga Warna Dieng sebenarnya terdapat beberapa telaga atau danau lainnya, yakni:

  • Telaga Merdada,
  • Telaga Cebong,
  • Telaga Pengilon, dan
  • Telaga Menjir.
telaga warna dieng
telaga warna dieng. google maps. sumber: Cia

Namun Telaga Warna memiliki keistimewaan sendiri, sehingga banyak pengunjung yang tertarik akannya. Berikut ulasan lengkapnya untuk kamu semua!

Mitos Telaga Warna Dieng

Mitos akan terbentuknya Telaga Warna Dieng ini memiliki banyak versi dengan cerita yang beragam.

Legenda yang pertama menyebutkan bahwa Telaga Warna Dieng ini dipercaya sebagai tempat mandinya para bidadari khayangan.

Ada pula mitos yang menyebutkan Telaga Warna Dieng ini terbentuk berawal dari sebuah cincin seorang bangsawan yang sangat sakti terlempar ke tengah telaga. Dimana perubahan warna telaga dianggap sebagai luruhan dari warna cincin tersebut.

Selanjutnya ada kisah yang menceritakan akan kedatangan seorang ratu bersama putrinya ke Dieng, dan mereka melihat dua buah telaga. Kemudian sang ratu memuji sebuah telaga yang dibuat oleh seorang ksatria, dan menikahkan putrinya dengan ksatria tersebut.

Ratu dan putrinya sangat menyukai keindahan dari Telaga Pengilon, dan kemudian mandi di sana. Baju yang mereka taruh terbang tertiup angin, dan jatuh ke telaga lain yang berada di samping Telaga Pengilon. Seketika air telaga itu menjadi berwarna warni yakni, hijau keemasan, biru dan merah.

Sedangkan jika dilihat secara ilmiah, fenomena perubahan warna yang terjadi pada Telaga Warna Dieng ini diakibatkan kandungan sulfur yang tinggi. Sehingga mempengaruhi warna air telaga jika terkena pantulan sinar matahari.

kondisi danau ketika musim kemarau
kondisi danau ketika musim kemarau. google maps. sumber: Regaza

Simak juga: daftar tempat wisata di Dieng

Sejarah terbentuknya Telaga Warna Dieng ini diakibatkan oleh letusan gunung berapi purba yang terjadi beberapa ratus juta tahun yang lalu.

Lokasi Telaga Warna Dieng

Lokasi Telaga Warna Dieng berada di kawasan dataran tinggi Dieng, tepatnya di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Akses menuju Telaga Warna Dieng, jika ditempuh dari Yogyakarta akan menempuh sekitar 3 jam perjalanan sedangkan dari arah Wonosobo akan menempuh jarak kira-kira sejauh 25 km.

Kamu tinggal mengarahkan kendaraan menuju Dataran Tinggi Dieng, jika hendak menggunakan kendaraan pribadi pastikan kondisinya dalam keadaan prima.

Karena seperti kita ketahui bersama bahwa akses jalan menuju Dataran Tinggi Dieng dipenuhi dengan tanjakan serta belokan-belokan yang cukup tajam. Ditambah jika sore menjelang malam, jalanan akan diselimuti oleh kabut.

Lokasi parkir kendaraan berada di seberang jalan, jadi ketika hendak menuju loket tiket masuk kamu harus menyeberang jalan terlebih dahulu.

Spot Foto Yang Cantik
Spot Foto Yang Cantik. google maps. sumber: Soedarsono Liem

Simak: review wisata Candi Arjuna

Jam Buka Telaga Warna Dieng

Jam operasional Telaga Warna Dieng dibuka setiap hari Senin hingga Minggu, mulai pukul 07.00 hingga 17.00 waktu setempat.

Tiket Telaga Warna Dieng

Telaga Warna Dieng sudah terdengar gaungnya hingga ke mancanegara, sehingga tiket masuknya pun memiliki perbedaan yakni:

  • Wisatawan domestik membayar Rp. 22.000,- per orang
  • Wisatawan asing membayar Rp. 117.000,- di hari biasa, dan┬áRp. 164.000,- di akhir pekan atau hari libur.
  • Parkir motor sebesar Rp. 3.000,-
  • Parkir mobil sebesar Rp. 5.000,-

Untuk anak yang berusia diatas 5 tahun, wajib membeli satu tiket.

Oh iya, ketika memasuki kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo kamu harus membayar biaya retribusi sebesar Rp. 10.000,- per orang.

taman bunga yang cantik
taman bunga yang cantik. google maps. sumber: riski damayanti

Fasilitas Telaga Warna Dieng

Fasilitas umum yang ada di sekitar Telaga Warna Dieng diantaranya:

  • Area parkir kendaraan,
  • Toilet umum,
  • Warung-warung makanan dan minuman,
  • Mushola,
  • Saung atau gazebo tempat duduk-duduk, dan
  • Spot untuk berfoto.

Daya Tarik Telaga Warna Dieng

Telaga Warna Dieng berada di ketinggian sekitar 2.000 mdpl, dengan memiliki luas kira-kira 39 ha. Dan daya tarik yang dimilikinya ialah sebagai berikut:

1. Sajian Alam Yang Indah

sajian alam yang indah
sajian alam yang indah. google maps. sumber: rudi hartono

Ketika kamu memasuki area Telaga Warna Dieng, kamu akan disambut dengan beberapa bunga yang menghiasi taman serta indahnya danau yang ada di depan mata.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Telaga Warna Dieng ialah ketika musim hujan tiba, karena jika kamu berkunjung di musim kemarau air danaunya akan sedikit menyusut.

Ketika menyusuri jalan setapak di Telaga Warna Dieng, kamu dijamin ngga akan kepanasan karena matahari yang bersinar akan dihalangi oleh rimbunnya pepohonan.

Suasana yang didapat enak banget buat ngadem, dan istirahat sejenak dari segala kesibukan yang seakan ngga akan pernah selesai.

2. Banyak Lokasi Bersejarah Dan Penuh Makna

batu tulis
batu tulis. google maps. sumber: Egar D Resta

Selain menikmati indahnya Telaga Warna, kamu juga dapat eksplor beberapa tempat bersejarah nan penuh makna yang ada di sekitar Telaga Warna Dieng ini, yakni:

  • Batu Tulis,
  • Gua Jaran,
  • Goa Sumur Eyang Kumalasari,
  • Goa Semar,
  • Goa Pengantin, dan
  • Taman Bunga yang cantik.

Di setiap lokasi tersebut telah dilengkapi dengan penjelasan akannya, sehingga kamu secara tidak langsung sedang melakukan wisata sejarah juga.

3. Spot Foto Yang Kece Badai

Spot Terbaik Menikmati Telaga Warna
Spot Terbaik Menikmati Telaga Warna. google maps. sumber: Gunadi Kesumo

Tempat yang indah seperti Telaga Warna Dieng ini sayang untuk diabaikan begitu saja, pihak pengelola melihat dengan jeli akan potensi yang dimiliki alam sekitar Telaga Warna.

Sehingga tersedia banyak spot untuk kamu berfoto bersama dengan keindahan Telaga Warnanya ataupun dengan keindahan alam lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *